MENARA EIFFEL
Dinamai sesuai nama perancangnya, Gustave
Eiffel , Menara Eiffel adalah bangunan tertinggi di Paris dan
salah satu struktur terkenal di dunia. Lebih dari 200.000.000 orang telah
mengunjungi menara ini sejak pembangunannya tahun 1889, termasuk 6.719.200
orang tahun 2006, menjadikannya monumen berbayar yang paling banyak
dikunjungi di dunia. Termasuk antena setinggi 24 m (79 kaki), struktur ini
memiliki tinggi 325 m (1.063 kaki) sejak 2000, yang sama dengan bangunan
konvensional bertingkat 81.
Ketika menara selesai dibangun tahun 1889, struktur
ini menjadi yang tertinggi di dunia, gelar yang dipertahankan hingga 1930
ketika Chrysler Building di New York City (319
m - 1.047 kaki) selesai. Menara ini sekarang yang tertingggi kelima di
Perancis dan paling tinggi di Paris, dengan struktur tertinggi kedua Tour
Montparnasse (210 m - 689 kaki), meskipun akan dikalahkan oleh Tour AXA (225.11
m - 738.36 kaki).
Struktur besi Menara Eiffel berbobot 7.300 ton
sementara keseluruhan struktur termasuk komponen non-besi berbobot 10.000 ton.
Tergantung temperatur, puncak menara dapat menjauhi matahari 18 cm (7 inci)
karena pemuaian besi pada bagian yang menghadap matahari. Menara ini juga
berayun 6-7 cm (2-3 inci) dalam suasana berangin. Sebagai demonstrasi
terhadap ekonomisnya bangunan, bila 7300 ton struktur besi dicairkan, maka akan
memenuhi 125 meter persegi dengan kedalaman 6 cm (2.36 inci), yang berarti
kepadatan besi 7.8 ton per meter kubik. Menara ini memiliki massa yang
kurang dari massa udara di dalam silinder dengan dimensi yang sama, setinggi
324 meter dan 88.3 jari-jarinya. Berat menara 10.100 ton bila dibandingkan
dengan 10.265 ton udara.
Tingkat pertama dan kedua dapat diakses dengan
tangga dan lift.
Sebuah loket tiket di menara selatan menjual tiket ke anak tangga yang dimulai
di tempat itu. Di platform pertama tangga menaik dari menara timur dan
pertemuan tingkat ketika hanya dapat diakses dengan lift. Dari platform pertama
atau kedua tangga dibuka bagi semua orang yang naik dan turun tergantung
apabila mereka telah membeli tiket lift atau tiket tangga. Jumlah anak tangga 9
ke loket tiket di dasar, 328 ke tingkat pertama, 340 ke tingkat kedua dan 18 ke
platform lift di tingkat kedua. Ketika keluar lift di tingkat ketiga terdapat
15 anak tangga naik menuju platform pengamatan atas. Jumlah anak tangga
dituliskan secara bertahap di sisi tangga untuk memberikan tanda tangga naik.
Kebanyakan tangga naik memberikan pemandangan langsung ke bawah atau sekitar
menara meskipun beebrapa anak tangga pendek tertutup.
Perawatan menara terdiri dari pengadaan 50 hingga 60
ton cat setiap tujuh tahun untuk menjaganya dari karatan. Untuk menjaga
penampilannya terhadap pengunjung di bawah, tiga warna berbeda digunakan pada
menara ini, dengan warna gelap di bawah dan warna terang di atas. Warna cat
diubah; menara ini dicat coklat-kelabu. Di tingkat pertama terdapat konsol
interaktif yang memberitahukan warna pada pengecatan selanjutnya. Arsitek
Menara Eiffel adalah Emile Nouguier, Maurice Koechlin dan
Stephen Sauvestre.
A. SEJARAH
Struktur ini dibangun antara 1887 dan 1889
sebagai pintu masuk Exposition
Universelle, Pameran Dunia yang
merayakan seabad Revolusi Perancis. Eiffel sebenarnya berencana
membangun menara di Barcelona, untuk Pameran Universal 1888, tapi para pihak
yang bertanggung jawab di balai kota Barcelonamenganggapnya
aneh dan mahal, dan tidak cocok dengan kota itu. Setelah penolakan Rencana
Barcelona, Eiffel mengirim drafnya kepada pihak yang bertanggung jawab untuk
Pameran Universal di Paris, dimana ia membangun menaranya setahun kemudian,
yaitu 1889. Menara ini diresmikan tanggal 31 Maret 1889, dan dibuka tanggal 6 Mei. Tiga
ratus pekerja menggabungkan bersama 18.083 bagian besi benam (bentuk
murni dari besi struktural), menggunakan dua setengah juta paku, dalam bentuk struktural oleh Maurice Koechlin. Resiko
kecelakaan sangat besar, untuk pencakar
langit modern yang tak biasa menara ini terbuka tanpa tingkat
tengah kecuali dua platform. Tetapi, karena Eiffel mengambil sikap hati-hati,
termasuk penggunaan takal bergerak, rel bantu dan layar, hanya satu orang yang
meninggal.
Menara ini mendapat berbagai kritik dari
masyarakat ketika dibangun, menyebutnya mengganggu mata. Surat kabar harian
dipenuhi dengan surat kritik dari komunitas seni di Paris. Salah satunya
dimasukkan dalam penerbitan Kantor Penerbitan Pemerintah AS William Watson
mengenai Pameran Universal Paris:
Teknik Sipil, Pekerjaan Umum, dan Arsitektur 1892. "Dan selama
dua puluh tahun kita melihat, membentang ke seluruh kota, masih dijalani oleh
orang-orang jenius berabad-abad, kita melihat bentangan seperti bayangan hitam
dari kolom hitam yang dibangun dari lempengan besi berpaku.” Penandatangan
surat ini meliputi Messonier, Gounod, Garnier, Gerome, Bougeureau, dan Dumas.
Pengarang novel [{Guy de Maupassant]] - yang
membenci menara itu - makan siang di restoran Menara setiap hari. Ketika
ditanyai mengapa, ia menjawab bahwa itu adalah satu-satunya tempat di Paris
dimana kita tidak bisa melihat Menara. Hari ini, masih saja dianggap sebagai
bagian seni bangunan mencolok.
Salah satu cliché film Hollywood menampilkan
pemandangan dari jendela Paris yang selalu menampakkan menara. Kenyataannya,
sejak pembatasan tinggi bangunan di Paris menjadi 7 tingkat, hanya beberapa
bangunan tinggi yang memiliki pemandangan jelas terhadap menara.
Eiffel memiliki izin berdiri menara selama 20
tahun, yang berarti harus dibongkar tahun 1909, ketika kepemilikannya
diserahkan kepada Kota Paris. Kota telah
berencana meruntuhkannya (bagian dari peraturan kontes asli untuk merancang
menara yang mudah diruntuhkan) tapi setelah menara ini terbukti mendatangkan
untung dari segi komunikasi, menara ini dibiarkan berdiri setelah izin tersebut
kadaluwarsa. Militer menggunakannya untuk mengatur taksi Paris di garis depan
selama Pertempuran Marne Pertama, dan menjadi
monumen kemenangan pertempuran itu.
B. BENTUK MENARA DAN
PEMASANGAN
Ketika
menara dibangun banyak orang dikejutkan dengan bentuknya yang menantang. Eiffel
dikritik untuk desain ini dan dipaksa mencoba merancang sesuatu yang berseni,
atau tak berseni dari sisi pandang, tanpa keinginan membangun. Eiffel dan
insinyurnya, dikenal sebagai pembangun jembatan, mengerti kepentingan kekuatan
angin dan tahu bahwa mereka akan membangun struktur tertinggi di dunia mereka
harus mencocokannya dengan tiupan angin.
Bentuk
menara sebelumnya telah dinyatakan dengan perhitungan matematika yang tahan
angin. Beberapa teori perhitungan ini telah direncanakan bertahun-tahun, yang
terbaru adalah persamaan berbeda integral nonlinear didasarkan pada pengimbangan
tekanan angin dari sisi apapun pada menara dengan ketegangan antara elemen
konstruksi pada waktu itu. Bentuknya eksponensial. Plot berbahaya pada
lengkungan menara, menampilkan dua eksponen yang berbeda, bagian bawah memiliki
pertahanan kuat melawan angin.
Sejak awal abad ke-20, menara ini telah digunakan untuk transmisi radio. Hingga 1950-an,
sebuah kumpulan kabel menara membentang dari pertemuannya hingga berakhir di Avenue de Suffren dan Champ de Mars. Mereka terhubung dengan
transmitter gelombang panjang di bunker kecil; tahun 1909, sebuah pusat radio bawah
tanah permanen dibangun dekat pilar selatan dan masih ada hingga sekarang.
Tanggal 20 November
1913, Paris Observatory,
menggunakan Menara Eiffel sebagai antena, mengirim sinyal tanpa kabel dengan Pusat
Observasi Angkatan Laut Amerika Serikat yang menggunakan antena di Arlington, Virginia. Obyek transmisi untuk
mengukur perbedaan garis bujur antara Paris dan Washington,
D.C.
Menara ini memiliki dua restoran: Altitude 95, di tingkat pertama (95
m, 311 kaki, di atas permukaan
laut); dan Jules Verne, sebuah restorangastronomis mahal di tingkat kedua, dengan lift
khusus. Restoran ini memiliki bintang satu di Michelin Red Guide. Bulan
Januari 2007, seorang koki dengan banyak bintang Michelin Alain Ducasse dibawa ke Menara untuk menjalankan Jules
Verne.
Dek pengamatan teratas, dengan ketinggian 275 meter,
merupakan wilayah tertinggi struktur arsitektur di Uni Eropa yang dibuka untuk umum
Lift penumpang dari tingkat dasar ke
tingkat pertama dioperasikan oleh kabel dan penarik yang dijalankan oleh piston
besar berkekuatan air. Ketika menaiki lengkungan, kabin elevator naik sedikit,
tapi dengan kejutan naik setiap beberapa detik, untuk menjaga tingkatnya
sejajar. Pembangunan elevator diperlihatkan dan dibuka untuk umum dalam sebuah
museum di satu dari empat pilar menara.
Categories:
0 komentar:
Post a Comment