Monday 25 November 2013

ALAT MUSIK KEYBOARD

Posted by Unknown On 05:08
KEYBOARD
     

Keyboard berasal dari kata key yang berarti kunci. Sedangkan board berarti papan. Keyboard artinya alat musik yang terdiri dari sekumpulan tuts pada sebuah bidang yang mirip papan (board). 
Keyboard dimainkan dengan menggunakan sepuluh jari yang dimainkan pada tuts sesuai nada-nada di dalam lagu yang dimainkannya. Melodi lagu dimainkan dengan jari tangan kanan sementara chord untuk mengiringi lagu dimainkan dengan jari-jari tangan kiri.
Organ tunggal atau keyboard pada masa sekarang ini sudah menjadi alat musikyang banyak digunakan orang dan sudah memasyarakat. Banyak tempat hiburan atau pada acara perayaan tertentu yang menggunakan keyboard sebagai alat musik utama untuk mengiringi penyanyi.
Keyboard digemari banyak orang karena memliki keistimewaan salah satunya dapat menghasilkan berbagai jenis suara alat musik. Dengan bermain keyboard, dapat menghasilkan musik yang menyerupai grup band. Di Indonesia sering masyarakat menyebutnya sebagai organ tunggal. Sementara di Luar negeri alat musikkeyboard disebut sebagai one man band.
Keyboard adalah sebuah alat musik yang dimainkan seperti piano, hanya keyboard bisa memainkan beragam suara seperti trompetsulinggitarbiola, sampai perkusi-perkusian. Dengan keyboard, kita juga bisa bermain layaknya sebuah band. Dengan keyboard, kita juga bisa bermain seperti kita bermain organ atau piano dan lebih praktis karena lebih mudah dibawa ke mana-mana.
Keyboard terdiri dari style, voice, sequencer, speaker, parameter monitor, potensiometer volume, pitch atau bend, modulation (portamento) dan tombol tombol multi track. Keyboard engan teknologi speaker built in dinamakan portable sound, bila ditambah dengan teknologi rekam mini dinamakan portable sound recorder. Bila di dalam operasi keyboard harus menggunakan adaptor. Sintesizer (synthesizer) adalah nama lain keyboard yang berarti sintesa (dari suara suara instrumen lainnya), keyboard berfungsi sebagai orchestrator atau penyelaras suara dan aransemen (multi arranger). Beberapa voice atau suara yang direkam dalam orchestrator ini bisa diperluas (expandable) dalam pengertian teknologi penyuaraan (sound engineering). Expandable berarti bisa ditinggikan bagian suara treble atau bass atau middle tone.

A. CIRI-CIRI KEYBOARD
·      Umumnya memiliki tuts 5 oktaf., pada beberapa tipe dan merek tertentu ada yang lebih dari 5 oktaf.
·      Pengoperasiannya harus menggunakan listrik.
·      Memiliki berbagai macam suara mulai dari suara piano, flute, gitar, drum dan lain-lain.
· Dilengkapi dengan berbagai fasilitas dan fitur-fitur seperti style (musik iringan), karaoke, fitur untuk merekam dan lain-lain.
B.  SEJARAH
Sejarah alat musik keyboard diawali dari bentuk fisik keyboard memang berbeda dengan piano pada umunya. Bentuk keyboard biasanya terlihat lebih kecil dan lebih ringan serta memudahkan untuk dibawa. Tidak hanya bentuk suara yang dihasilkan keyboard pun sangat berbeda dengan piano. Suara yang dihasilkan dari alat musik keyboard berasal dari manipulasi kunci-kunci, ada yang ditekan menggunakan jari ada juga yang dipijak menggunakan kaki. Susunan dari keyboard sendiri arahnya mengikuti logika, dari kiri nada-nada rendah ke kanan nada-nada tinggi. Kemudian susunanbass ke treble juga dari kiri ke kanan.
Sejarah alat musik keyboard berlanjut, alat musik keyboard sudah dikenal sejak zaman kuno. Namun awal tepatnya belum jelas. Dalam tangga nada barat disebut dengan diatonis, dan terbagi dalam 12 nada. Adanya nada penuh dan ada juga nada semi-tone. Pada alat musik keyboard, kedua kelompok ini biasa dibedakan dengan kunci berwarna terang dan gelap. Dalam sejarah alat musik keyboard, susunan deret kunci yang kromatik yang mencakup 12 nada muncul di Eropa pada abad ke 14. Pada awalnya, tutsnya masih dalam ukuran yang lebar. Satu tuts mempunyai lebar beberapa sentimeter, sehingga nada harmoni yang dihasilkan tidak banyak. Dalam sejarah alat musik keyboard di abad ke 16 baru muncul pembakuan tuts, ini berarti nada diatonik dapat dicakup dalam lebar satu tangan, sehingga musik harmonik pun dapat dihasilkan. Pada perkembangan ini pun kunci putih dan hitam sudah diciptakan.
Sejarah alat musik keyboard berlanjut , keyboard elektronik muncul di abad ke 20, dimana pertama kali dipasarkan oleh Laurens Hammond di Amerika Serikat di tahun 1935. Dan sejak saat itu mulai berkembang menjadi alat musik yang sekarang menjadi rajanya alat musik. Ini karena suatu orkes simfoni dari pulhan alat musik dapat dihasilkan oleh satu buah keyboard saja.
Sejarah alat musik keyboard berlanjut, di tahun 1962 seorang insinyur yang berasal dari Italiabernama Paolo Ketoff mengeluarkan alat musik yang disebut dengan Synket. Alat ini menghasilkan musik eksperimental yang yang badi pendengar awam tidak begitu musikal. Dua tahun kemudian di Amerika dalam sejarah alat musik keyboard, muncul alat musik yang diciptakan oleh Donald Buchladan satunya lagi oleh Robert Moog. Alat musik milik Donald Buchla tidak menggunakan keyboard sebagai perangkat untuk memainkannya, namun dengan permukaan yang sensitif terhadap sentuhan. Sedangkan alat musik Robert Moog menggunakan keyboard sebagai perangkatnya, di sisinya dipasang alat pengontrol yang konvensional seperti tombol putar yang berfungsi sebagai volume dan juga untuk mengatur tinggi rendahnya nada yang dihasilkan. Dalam sejarah alat musik keyboard, alat musik ciptaan Robert Moog tersebut lebih memudahkan penggunaannya untuk mengalunkan musik tradisional dalam tatanan suara yang baru. Karya-karya dari J.S Bach dapat dimainkan oleh alat musik ciptaan Robert Moog yang dinamakan dengan Mini Moog. Saat itu, alat musik tersebut belum bisa memainkan nada harmonik, dan hanya satu nada yang dapat dimainkan. Dan alat musik ini pun menjadi populer sebagai pmbawa melodi dalam musik pop. Musik rock merupakan yang pertama dalam mengadopsi alat ini ke dalam genre progressive rock pada band-band sepertti Yes, Genesis dan lain-lain.
Dalam sejarah alat musik keyboard, baru di tahun 1980 synthesizers dapat mengeluarkan suara harmonik. Yang pertama kali terkenal adalah Yamaha DX-7 yang keluar di tahun 1983. Peralatan ini merupakan pengembangan dari zaman Robert Moog dengan Frequency Modulation Synthesis yang dirancang oleh John Chowning dari California. Dalam sejarah alat musik keyboard Fm menghasilkan variasi timbre dengan cara mengubah frekuensi . Yamaha DX-7 memiliki keyboard 5 oktaf. Sejarah alat musik keyboard berlanjut, di tahun berikutnya Casio mengeluarkan CZ-101 yang menggunakan tenaga baterai, memiliki empat suara dan mengikuti kemampuan synthesizers analog. Dalam sejarah alat musik keyboard juga berkembang Musical Instrument Digital Interface atau MIDI yang merupakan penggabungan peralatan musik agar bisa bekerja dalam suatau perangkat komputer.
Sejarah alat musik keyboard berlanjut, alat musik keyboard yang memiliki kelengkapan teknologi suara digital memang semakin dicari banyak orang, apalagi alat musik ini memang dapat mewakili berbagai suara dari alat musik lainnya.

C. PERBEDAAN KEYBOARD DAN PIANO
Perbedaan yang pasti dari pada keyboard dengan piano adalah bahwa keyboard selalu menggunakan listrik, sehingga lebih dimungkinkan apabila suaranya diperbesar dengan pengeras suara. Piano akustik menngunakan material senar dan hammer stick (batang palu) kecil yang dibungkus cushion leather (busa dan kulit) dan mengandalkan resonansi dan gema yang muncul dari dentuman atau getaran besi senar ke arah besi batangan dan kayu ebony dan memancarkan suara ke seluruh penjuru ruangan. Model perkawinan keyboard dan piano adalah electric piano (dengan teknologi digital elektronik) dan sintesa suara piano yang memiliki tingkat kemiripan dan kualitas tinggi. Sustain pedal didisain terlepas dari body part dan kaki. Kebanyakan pemirsa bingung dengan kesamaan papan nada (keyboard), kesamaan cara permainannya (tangga nada, tuts -- hitam dan putih, partitur, chord). Tetapi piano akustik tidak menggunakan drum otomatis (drum machine) kecuali dipasang dengan perangkat keras yang terpisah.


Categories:

0 komentar:

Post a Comment